Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petirtaan Jolotundo, Wisata Sejarah & Religi di Trawas

petirtaan jolotundo terbaru

Di Trawas Mojokerto terdapat tempat wisata candi Jolotundo. Tempat wisata ini juga memiliki tempat pemandian yang menyegarkan dan bisa dikunjungi oleh umum. Kalau kamu penasaran tentang pemandian Jolotundo Trawas ini, lebih baik langsung simak saja ulasannya berikut ini, ya!

Tentang Petirtaan Jolotundo Trawas

Pertama, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang tempat Jolotundo ini. Sebenarnya ini adalah tempat wisata candi Jolotundo yang lokasinya ada di ketinggian 525 meter di atas permukaan laut. Tempat ini berada di lereng barat gunung Penanggungan, yaitu sebuah gunung yang dianggap suci oleh umat Hindu aliran Siwa.

Dikutip dari beberapa sumber, asal nama Jolotundo berasal dari bahasa kuno. Jala atau Jolo yang berarti air dan Tundo atau Tunda yang berarti bertingkat. Bila digabungkan Jolotundo memiliki arti kolam bertingkat.

Konon tempat ini dibangun oleh Raja Udayana sebagai bentuk cinta kasih untuk menyambut kelahiran putranya, Airlangga pada 997 Masehi atau 889 Saka. Air yang berada di petirtaan ini juga dipercaya masyarakat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan juga sebagai pembawa berkah. Beberapa peneliti juga menyebutkan mata air petirtaan Jolotundo terbaik nomor 2 di dunia setelah air zam-zam

Candi Jolotundo ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, sehingga dijadikan tempat destinasi wisata sejarah yang sangat cocok dikunjungi sebagai wisata edukasi juga. Banyak masyarakat yang berkunjung terutama keluarga yang membawa anak-anak, supaya anak-anak bisa lebih mengenal tentang sejarah yang ada di negara Indonesia.

Di tempat ini terdapat pemandian, yang mana pemandian ini bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga. Selain itu, airnya pun sejuk dan bersih, namun tentunya pengunjung harus menjaga kebersihan tempat pemandian Jolotundo Trawas ini, ya!

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sebelum kamu berkunjung ke petirtaan Jolotundo Trawas, sebaiknya kamu memperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk berkunjung. Selain itu, harga tiket masuk ke tempat pemandian ini juga cukup terjangkau, loh.

Untuk harga tiket masuknya yaitu seharga 10 ribu rupiah saja per orangnya. Harga tiket tersebut sama setiap harinya, jadi weekend pun tetap sama. Karena harga tiket masuknya yang murah tersebut itulah banyak masyarakat yang tidak ragu datang berkunjung ke tempat ini.

Tidak cuma itu saja, namun masih banyak juga warga yang berasal dari luar Mojokerto yang datang berkunjung ke pemandian Jolotundo Trawas ini.

Biasanya anak-anak suka dengan wisata air, namun ada juga yang suka dengan wisata sejarah candi. Maka, candi Jolotundo ini menjadi rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk anak-anak yang suka main air sekaligus wisata sejarah di candi.

Jam operasional Jolotundo ini yaitu 24 jam, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja. Walaupun bisa dikunjungi kapan saja, namun sebaiknya pengunjung tetap harus memperhatikan tata krama, kebersihan, kesopanan, dan juga selalu menjaga keaslian tempat tersebut.

Diharapkan setiap pengunjung tidak merusak atau mengotori candi Jolotundo dan pemandiannya. Airnya yang bersih dan jernih tersebut tentunya menjadi alasan mengapa banyak orang yang ingin berkunjung ke pemandian Jolotundo ini.

Maka dari itu, kamu harus bisa menjaga kebersihan di kolam tersebut dengan cara tidak buang air sembarangan, tidak buang sampah sembarangan, dan juga tidak merusak area pemandian. Lalu, apabila kamu membawa makanan, sebaiknya tidak berceceran dan sampahnya dibuang ke tempat sampah.

Fasilitas Petirtaan Jolotundo

Di petirtaan ini terdapat beberapa fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh kamu sebagai pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut mulai dari area parkir, pusat informasi, tempat duduk, warung wisata, spot foto menarik, gazebo, dan juga camping area. Sementara itu, ada juga fasilitas umum lainnya seperti toilet dan mushola.

Fasilitas-fasilitas yang ada tersebut bisa kamu gunakan untuk menunjang kebutuhanmu selama berada di petirtaan Candi Jolotundo ini. Jadi, tentunya akan mempermudah kamu untuk memenuhi kebutuhanmu.

Itu dia tentang petirtaan Jolotundo Trawas yang menjadi rekomendasi tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Sebaiknya ajak teman, kerabat, keluarga, atau bahkan pasanganmu untuk berwisata di tempat ini.

Posting Komentar untuk "Petirtaan Jolotundo, Wisata Sejarah & Religi di Trawas"